Download The Maze Runner 3 : The death cure

Download The Death Cure (The Maze Runer #3) - James Dashner

Judul: The Death Cure
Seri: The Maze Runner #3
Penulis: James Dashner
Penerjemah: Yunita Candra
Penerbit: Mizan Fantasi
Cetakan: I, Februari 2012
Tebal: 492 hlm
ISBN13: 9789794336786
DOWNLOAD DISINI
Sinopsis:
Keadaan makin tak terkendali. Penculikan manusia kebal terjadi dimana-mana. WICKED menyebarkan foto Thomas sebagai buronan paling dicari dengan imbalan tinggi. Kejutan justru muncul di Denver, kota dengan pengamanan superketat terhadap penyebaran virus Flare. Seorang kawan lama muncul. Bagaimana mungkin? Bukankah dia sudah mati di tangan Thomas?

Siapakah otak di balik penculikan itu? Mengapa mereka menculik manusia kebal? Sementara itu, WICKED mempunyai rencana baru yang tak kalah gila dan Thomaslah satu-satunya orang yang bisa menggagalkannya. Sanggupkah Thomas kembali ke neraka itu demi menghancurkan rencana yang mengancam kelangsungan hidup umat manusia?

Perhatian: Review ini mungkin mengandung spoiler buku sebelumnya.

Di ending buku kedua, Thomas dan kawan-kawan berhasil mencapai Berg (pesawat canggih milik WICKED) setelah bertarung melawan monster-monster ciptaan organisasi tersebut. Kali ini WICKED benar-benar memenuhi janjinya untuk membawa para subjek ke tempat yang aman. Tak ada lagi tes, tak ada lagi percobaan-percobaan gila. Tapi benarkah demikian?

WICKED, melalui si Tikus Botak, berjanji akan mengembalikan ingatan semua anak yang menjadi subjek tes mereka. Namun mengingat hal-hal buruk yang telah Thomas alami gara-gara WICKED, anak itu memutuskan untuk menolak ingatannya dikembalikan. Dari semua subjek, hanya Thomas, Minho, dan Newt yang menolaknya. Hal ini membuat si Tikus Botak murka dan tetap memaksa untuk mengembalikan ingatan mereka. Thomas dan kedua sahabatnya mencoba melawan namun gagal total.

Untunglah ada Brenda, Crank yang menjadi rekan seperjalanan Thomas di Scorch dulu. Brenda ternyata bukan Crank, gadis itu adalah bagian dari WICKED yang diberi tugas untuk menyamar sebagai Crank dan berbaur dengan Thomas. Pertemuan dengan Thomas di Scorch ternyata telah membuat gadis itu berubah pikiran dan berbalik melawan WICKED. Ia dan Jorge membantu Thomas, Minho, dan Newt kabur dari fasilitas WICKED. Mereka pergi ke Denver untuk menemui Hans, salah satu ilmuwan WICKED yang telah lama kabur sebab tidak menyetujui percobaan-percobaan buruk WICKED. Hans diharapkan mampu mengeluarkan chip yang tertanam di kepala Thomas dkk agar WICKED tak lagi dapat mengendalikan pikiran mereka.

Di Denver, Thomas dkk bergabung dengan kelompok Tangan Kanan, yaitu kelompok yang bertujuan melawan WICKED. Hal mengejutkan ialah bahwa salah seorang anggota kelompok tersebut adalah Glader yang diyakini Thomas telah meninggal di tangannya sendiri. Thomas setuju untuk bergabung dengan rencana kelompok Tangan Kanan. Namun di saat yang sama, ia juga mengkhawatirkan kondisi Newt yang ternyata tidak memiliki kekebalan tubuh seperti dirinya dan para Glader yang lain. Perlahan-lahan, Thomas mulai menyaksikan Newt kehilangan kewarasannya, digerogoti oleh virus Flare...

The Death Cure adalah buku pamungkas dari trilogi The Maze Runner karya James Dashner. Pembaca novel-novel dystopia barangkali tak akan terkejut apabila mendapati bahwa buku penutup serial dystopia selalu melibatkan unsur perlawanan kepada pemerintah atau organisasi yang memiliki kendali atas masyarakatnya. Novel ini pun demikian. Tapi yang membuat novel ini berbeda, ialah bahwa si tokoh utama tidak terlibat langsung di medan perang—untuk mengangkat senjata dan semacamnya. Thomas lebih sebagai poin yang disusupkan untuk melumpuhkan WICKED dari dalam, dengan caranya sendiri.

Jujur saja, saya tidak merasa buku ini seseru buku pertama dan kedua. Adegan aksi di buku ini tidak seintens buku pertama. Bagian tengah buku ini cenderung membosankan serta ceritanya berputar-putar. Tak banyak lagi kejutan di buku ini, seiring dengan terungkapnya penyebab munculnya virus Flare dan kenyataan tentang kondisi dunia saat ini. Namun demikian, menjelang akhir buku ini alurnya menjadi lebih cepat disertai banyak adegan aksi. Kematian dan darah di mana-mana. Cukup seru.

Ending buku penutup ini lumayan happy, tapi tidak cukup memuaskan bagi saya. Banyak pertanyaan yang belum terjawab. Misalnya, siapa sebenarnya sosok Kanselir Paige? Apakah ia memiliki hubungan khusus dengan Thomas? Apa sebenarnya yang dilakukan Tomas dan Theresa sebelum menyetujui untuk memasuki Maze? Lalu, di akhir buku kedua diceritakan bahwa Brenda melakukan kontak telepatis dengan Thomas yang artinya bahwa ia memiliki chip yang sama dengan Thomas di dalam kepalanya. Pertanyaannya, mengapa Brenda tak menjalani prosedur operasi yang sama dengan Thomas ketika berada di Denver? Dan masih banyak pertanyaan lain yang mengusik pikiran saya.

Mungkin saya harus membaca The Kill Order yang merupakan prekuel dari trilogi ini. Yah, semoga saja buku itu menjawab semua pertanyaan saya. (Sayangnya hingga review ini ditulis, The Kill Order belum diterjemahin sama Mizan Fantasi. Terpaksa deh baca ebook. #heh)

Spoiler alert: Bagian paling berkesan di buku ini adalah adegan yang melibatkan Newt saat Thomas berusaha keluar dari Denver. Saya sedih dan marah atas apa yang dilakukan penulis terhadap tokoh Newt. Saya bahkan sempat bertanya-tanya, apakah di setiap novel dystopia memang harus ada adegan ‘nyesek’-nya? :|

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GTA V Unlimited Money Trainer Update Free Download

ASSASSIN’S CREED ORIGINS PC GAME FREE DOWNLOAD

Tom Clancy’s Ghost Recon Wildlands PC Game Free Download